Pencarian

Di Negara Ini, Masyarakatnya Dilarang Bertanya Pada Mbah Google

  Nocan_official      

Usaha Google untuk bisa menembus pasaran Cina terus diupayakan. Yapz gaez, sudah sejak lama memang tembok Cina menjadi perisai bagi masuknya produk-produk Google. Kepopuleran Google di negeri tirai bambu ini memang tak begitu cemerlang.

Produk Terbaru Google Untuk Perangkat Smartphone Xiaomi
Alasan Kenapa Google Dilarang Di Cina
Bahkan nih gaez, pada tahun 2010, dikala dunia termasuk Indonesia bergantung pada mesin pencari "mbah" Google untuk berbagai keperluan data, di Cina, raksasa internet ini malah dilarang penggunaannya. Pasalnya, Google menolak untuk menerapkan sensor pada hasil pencariannya sesuai dengan hukum lokal negara tersebut.

Tak hanya itu gaez, Cina juga melarang penggunaan app stores, serta layanan penyimpanan email dan cloud milik Google. Namun begitu, hadirnya sistem operasi Android besutannya sedikit banyak membantu keberadaannya di Cina. Saat ini Android menjadi sistem operasi pilihan vendor smartphone ternama Cina Xiaomi diikuti vendor lainnya seperti Huawei. 

Sistem Android Google
Nah, untuk meneruskan hal positif tersebut, baru-baru ini Google baru saja meluncurkan aplikasi file managing yang disebut Files Go di beberapa app store di Cina. Aplikasi ini merupakan versi yang begitu spesifik untuk pasar Cina dan untuk yang pertama diluncurkan melalui app stores pihak ketiga, seperti app stores milik Baidu, Xiaomi dan Huawei.

Aplikasi ini dikembangkan oleh program Next Billion milik Google yang menyasar pasar berkembang seperti India dan Indonesia. Aplikasi yang bisa mengosongkan ruang penyimpanan ini memang menargetkan pengguna ponsel low-end yang banyak di kedua negara tersebut.

Untuk lebih meningkatkan lagi kehadirannya di Cina, Google juga telah membangun pusat riset kecerdasan buatan (AI) di Cina. CEO Google, Sundar Pichai, juga telah beberapa kali mengunjungi Cina dan berbicara di depan forum pemerintah Cina.

Yah, kita berharap saja yah gaez, semoga kemandirian teknologi negeri tirai bambu tersebut menginspirasi para pakar IT Indonesia untuk bisa juga bersaing memperkenalkan karya-karya anak negeri sendiri.

logoblog

Thanks for reading Di Negara Ini, Masyarakatnya Dilarang Bertanya Pada Mbah Google

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Share pengalaman seru kamu terkait info dan trik internet murah ulasan kita kali ini gaez. Komentar kamu akan di moderasi, dan setiap komen yang out of topic, sorry yee gak akan di publish.