Pencarian

7 Kesalahan Yang Akhirnya Menjadi Teknologi Canggih Yang Bermanfaat

  Nocan_official      

Siapa sangka dari sekian penggunaan teknologi yang kita manfaatkan untuk beberapa keperluan saat ini tadinya merupakan sebuah kesalahan dan berawal dari ketidaksengajaan loh gaez. 

Teknologi Bermanfaat Yang Awalnya Tercipta Dari Sebuah Kesalahan
7 Teknologi Yang Tercipta Dari Sebuah Kesalahan
Dan berikut ini, akan kita ulas beberapa teknologi yang sering kita manfaatkan penggunaannya yang ternyata dahulu kala tercipta dari sebuah kesalahan proses. Yuk, langsung aja kita simak rangkumannya berikut ini.

1. Rontgen
Teknologi Rontgen yang digunakan dalam dunia medis adalah hasil kesalahan yang tidak disengaja oleh Wilhelm Roentgen. Bermula pada tahun 1895 saat percobaannya pada beberapa blok kardus neon menggunakan sinar katoda yang mampu membuat seluruh ruangan menyala.

Meski antara blok tebal kardus tersebut memiliki lapisan yang cukup tebal, namun sinar katoda tersebut ternyata mampu menembus bahan-bahan yang cukup tebal, tak terkecuali dengan kulit manusia yang kini penggunaannya dalam dunia medis disebut dengan rontgen.

2. Ban Karet
Adalah penemu benua Amerika, Christopher Columbus, yang pertama kali memperkenalkan bola karet dari Hindia Barat ke benua biru Eropa. 300 tahun kemudian Charles Goodyear berusaha keras untuk menjadikannya suatu yang berguna untuk dimanfaatkan. Hingga pada 1839, saat Ia membersihkan kedua tangannya dari lumuran bubuk, yang terdiri atas campuran karet dan belerang, bubuk tersebut jatuh dan masuk ke dalam sebuah tungku perapian.

Ketika karet meleleh, ternyata bereaksi dengan bahan belerangnya. Dari ketidaksengajaan inilah pertama kali karet vulkanisir atau ban karet tercipta dan menjadi cikal bakal lahirnya produsen ban mobil terkemuka di dunia hingga saat ini GoodYear.

3. Stainless Steel
Penggunaan Stainless Steel
Umumnya beragam perabotan rumah dan peralatan dapur seperti sendok, garpu, gelas dibuat dengan bahan anti karat atau stainless steel. Tapi nih gaez,  ternyata adanya bahan baku stainless steel juga tercipta dari sebuah kesalahan.

Yapz, adalah seorang ahli metalurgi Inggris, Harry Brearly, yang kala itu tengah mengembangkan senapan laras panjang tahan karat. Namun proyek tersebut gagal, dan akhirnya kini stainless steel banyak dimanfaatkan dalam berbagai pembuatan alat dapur dan perabotan rumah.

4. Lem Super
Sebagai salah satu peneliti senior di Kodak Laboratories, Harry Coover yang pada kala itu mengembangkan lensa plastik sebagai bagian pengeker senapan, menemukan sebuah perekat sintetis yang terbuat dari cyanoacrylate.

Namun karena dianggap tidak baik untuk digunakan pada bagian pengeker senapan, akhirnya ia memutuskan untuk tidak menggunakan lem super tersebut. Pengembangan dari pembuatan lem tersebut akhirnya dijual dengan nama dagang Super Glue beberapa tahun berselang.

5. Microwave
Penggunaan teknologi microwave bermula dari keisengan seorang Percy Spencer yang bermain-main dengan pemancar gelombang mikro, saat ia merasakan cokelat batangan miliknya mulai meleleh.

Meski gagal menemukan alat untuk membekukan coklatnya ia malah menemukan alat yang kini disebut microwave yang dapat digunakan untuk memanggang, bahkan untuk berbagai urusan dapur lainnya.

6. Sakarin
Pada 1879 oleh seorang peneliti bernama Constantine Fahlberg, yang saat itu ingin memakan sebuah roti namun lupa untuk mencuci kedua tangannya yang sebelumnya telah menyentuh sejenis bahan kimia. Nah, ternyata bahan kimia tersebut malah menyebabkan roti yang dimakannya terasa menjadi lebih manis.

Hingga akhirnya Ia mulai memproduksi bahan yang dinamakan sakarin tersebut secara masal hingga memperoleh hak paten. Penggunaan sakarin sebagai pemanis buatan makin meningkat pada kurun waktu 1960 hingga 1970-an sebab turut dipergunakan oleh pabrik Sweet ’N Low dan beragam produsen minuman ringan.

7. Dinamit
Teknologi lainnya yang juga sebenarnya tercipta dari sebuah kesalahan adalah Dinamit. Salah satu peledak yang paling banyak digunakan dalam pertempuran ini, awalnya sebagai penyempurnaan bahan bernama nitrogliserin yang dikenal dengan ketidak stabilannya.

Adalah Alfred Nobel yang secara tidak sengaja menemukan metode yang mengandung substansi tanpa menghalangi kekuatannya hingga menghasilkan ledakan yang begitu kuat.

Itulah tadi gaez, ulasan 7 Teknologi yang berawal dari kesalahan dan ketidaksengajaan yang ternyata kini banyak dimanfaatkan penggunaannya dalam berbagai aspek kehidupan.

logoblog

Thanks for reading 7 Kesalahan Yang Akhirnya Menjadi Teknologi Canggih Yang Bermanfaat

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Share pengalaman seru kamu terkait info dan trik internet murah ulasan kita kali ini gaez. Komentar kamu akan di moderasi, dan setiap komen yang out of topic, sorry yee gak akan di publish.