Pencarian

Mengenal Teknologi VAR Dan Inovasi Baru Piala Dunia 2018

  Nocan_official      

Video Assisted Referees (VAR) Transformasi Digital Wasit Lapangan Hijau 

Pemandangan tak biasa terlihat selama gelaran pesta bola piala dunia 2018 di Russia kali ini gaez, dimana wasit dilapangan dapat berkomunikasi dengan asisten wasit pemantau video untuk bisa melihat tayangan ulang dari aksi dilapangan yang luput dari perhatian wasit.

Inovasi Terbaru Dan Penggunaan Teknologi Canggih Di Piala Dunia 2018
Yapz gaez, disebut dengan istilah teknologi VAR, yang menggantikan peran Artificial Inteliegence atau wasit garis gawang yang dinilai kurang efektif di piala dunia sebelumnya. Dengan inovasi terbaru ini, 33 kamera siaran dan dua kamera offside telah siap ditempatkan di setiap sisi lapangan dan langsung ditransmisikan ke Video Operation Room (VOR) menggunakan jaringan yang sama.

Meskipun sempat dikhawatirkan akan sedikit menuai kontrovorsi, penggunaan teknologi ini setidaknya berhasil meninimalisir keputusan salah yang diambil wasit. Teknologi VAR ini sendiri sebelumnya juga telah diterapkan di beberapa cabang olahraga, seperti tenis dan kriket. Idenya sederhana, wasit dapat merujuk situasi yang mengubah permainan, seperti sasaran, penalti, kartu merah, dan identitas yang salah melalui video.

Teknologi Video Assisted Refferees (VAR)
Nah, tak hanya penggunaan teknologi VAR, ternyata masih ada beberapa inovasi baru yang juga dimunculkan untuk perhelatan pesta bola akbar di negeri yang juga kaya akan kecanggihan teknologi ini. Apa sajakah? Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Bola Adidas Telstar
Sejak 1970, Adidas selalu menhadi produsen bola untuk digunakan di setiap pertandingan resmi FIFA. Dan, yang menarik di perhelatan piala dunia 2018 ini adalah untuk pertama kalinya dalam bola pertandingan dimasukkan sebuah chip Near Field Communication (NFC), yaitu teknologi yang sama yang mendukung Apple Pay atau Android Pay dan memungkinkan bola untuk berkomunikasi dengan smartphone.

Adidas Telstar 2018
Meskipun pada informasi produk untuk fungsi dari penggunaan chip ini sangat terbatas, namun inovasi terbaru ini dianggap dapat membuka jalan bagi versi masa depan menjadi lebih pintar. Di gelaran piala dunia sebelumnya Adidas merilis miCoach Smart Ball dengan sensor pelacak metrik seperti kecepatan dan lintasan. Tapi tidak cukup tahan lama untuk digunakan dalam permainan.

4K UHD Video & VR
Setiap kali ajang piala dunia digelar akan berdampak pula pada lahirnya teknologi siaran baru, dimana kali ini untuk pertama kali Ultra High Definition (UHD) 4K digunakan yang sebelumnya sempat di uji coba pada piala dunia 2014 lalu di Brasil.

BBC telah mengkonfirmasi bahwa penggunaan untuk teknologi terbaru ini sudah disiapkan melalui iPlayer BBC dan BBC Sport VR yang tersedia online, sehingga nantinya memungkinkan pemirsa untuk merasa seolah-olah mereka berada di stadion.

Baca Juga :

5G di Rusia
Setelah Olimpiade Musim Dingin PyeingChang lalu berhasil menghadirkan video VR 360 pada penyiar dengan dukungan produsen Intel. Piala Dunia 2018 kali ini menjadi ajang uji coba teknologi jaringan 5G di Rusia yang diharapkan rampung dan siap tersedia pada 2019 untuk memberikan kualitas koneksi internet yang cepat dan besar.

Yapz, Ericsson dan MTS mengungkapkan bahwa Piala Dunia menjadi tuan rumah bagi penyebaran Massive MIMO (teknologi seluler canggih), serta pemasangan peralatan radio berkemampuan 5G di lebih dari 40 situs di tujuh dari 11 kota tuan rumah yang mencakup stadion, zona penggemar, dan pusat transportasi serta turut pula Lapangan Merah Moskow.

Sistem Kinerja dan Pelacakan Elektronik
Ini dia gaez, inovasi yang paling utama dihadirkan FIFA untuk gelaran pesta bola Russia 2018. Sebuah sistem berbasis tablet yang disebut Electronic Performance and Tracking Systems (EPTS) akan memberikan akses ke statistik pemain dan rekaman video secara real time bagi setiap pelatih tim dari data yang dikumpulkan melalui dua kamera pelacakan optik yang terletak di tribun utama.

Setiap tim akan mendapatkan tiga tablet, satu untuk analis di pinggir lapangan, untuk analis di stadion, dan satu lagi untuk tim medis. Rekaman pertandingan akan mengalami delay 30 detik, begitu juga statistik seperti data posisi pemain, passing, pressing, kecepatan dan tackles.

Nah, itulah gaez ulasan menarik kita seputar inovasi terbaru dan penggunaan teknologi canggih pada ajang pesta bola piala dunia 2018 Russia kali ini.

logoblog

Thanks for reading Mengenal Teknologi VAR Dan Inovasi Baru Piala Dunia 2018

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Share pengalaman seru kamu terkait info dan trik internet murah ulasan kita kali ini gaez. Komentar kamu akan di moderasi, dan setiap komen yang out of topic, sorry yee gak akan di publish.