Pencarian

Bukan Telkomsel, Inilah Operator 4G Tercepat Di Indonesia Sesungguhnya?

  Nocan_official      

Perbedaan 4G Dengan Generasi Sebelumnya 

Halo gaez pengunjung Nomor Cinde semuanya, kali ini kita ada tema hangat untuk dikulik habis seputar jaringan telekomunikasi. Yapz, seperti yang kita ketahui, 4G LTE adalah teknologi jaringan paling canggih saat ini, yang memungkinkan konsumen terhubung dengan internet jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya yang pernah ada seperti 2G, 2,5G, bahkan 3G gaez. Namun gaez, sebenarnya apa sih bedanya 4G dengan jaringan 3G? (*tiktuk_tiktuk_tiktuk sambil nunjuk kening) 

Adu Kecepatan Jaringan 3G Dengan 4G LTE Indonesia
Perbedaan 4G Dan 3G

Nih langsung aja ulasannya gaez, masih ingat bukan dulu ketika kemunculan 3G pertama kali jaringan ini hanya di identikkan untuk sebuah panggilan video saja, yang mana pada saat itu sebutan video call masih terdengar asing. Pada saat itu istilah yang dipakai ialah "trijian" atau 3G-an. Unik bukan? Adakah yang pernah menggunakan istilah ini selain saya gaez?

Dan gaez, memang 3G adalah jaringan telekomunikasi untuk terhubung dengan internet yang hingga saat ini masih kita andalkan. Selain menyediakan pula layanan untuk berkomunikasi melalui suara dan pesan. Dalam 3G, jaringan internet atau konsumsi paket data menjadi prioritas ketiga, sebab secara teknis jaringan ini lebih mengutamakan layanan telepon atau pesan tanpa lewat internet. Ini mengacu pada ponsel yang beredar di pasaran saat teknologi ini hadir dulu gaez.  

Berbeda dengan 4G, jaringan ini menekankan penggunaan internet yang lebih cepat. Teknologi ini berkembang seiring dengan kehadiran smartphone, yang diringi pula dengan menjamurnya berbagai jenis aplikasi bagi smartphone. Kehadiran 4G LTE di Indonesia secara langsung mendorong pengguna ponsel untuk terhubung dengan internet. 

Ya, bagaimana tidak, saat ini semua fitur pada smartphone dan aplikasi online yang kita gunakan pastinya memerlukan koneksi internet. Kesimpulannya untuk jaringan 4G secara porsi, layanan untuk telepon dan SMS menjadi lebih kecil, meskipun begitu tetap tidak akan mengalami gangguan.

Urutan Negara Dengan Koneksi Jaringan 4G Terbaik Dunia 

Sebuah layanan database yang merangkum segala mengenai koneksi selular publik yang bernama OpenSignal baru-baru ini mengeluarkan tabel terbaru mengenai negara mana saja yang memiliki koneksi 4G LTE tercepat di dunia.

Berbeda pada kuartal sebelumnya yang sempat dimenangkan oleh Singapura, di kuartal ketiga tahun 2017 ini, negara dengan kecepatan internet tercepat di dunia jatuh kepada Selandia baru atas keberhasilannya menyuguhkan koneksi tercepat pada masyarakat hingga 36 Mbps. Sementara Singapura sendiri bergeser ke posisi kedua dengan speed 33 Mbps. Untuk negara dengan jangkauan 4G LTE terbaik, jatuh kepada Korea Selatan dengan 97% wilayahnya ter-cover dengan baik oleh jaringan super cepat tersebut. 

Tabel Negara Dengan Koneksi 4G LTE Tercepat Di Dunia

Rangking dunia dalam hal coverage ini ternyata mengalami perubahan yang cukup signifikan, dimana kini di urutan kedua ada Jepang yang mulai meliputi 90% wilayahnya dengan jangkauan 4G LTE. Disusul Hongkong di urutan ketiga yang telah mencakup 86% wilayahnya ter-cover dengan jaringan 4G.

Perkembangan Koneksi Internet Super Cepat Di Indonesia 

Memang di negara tercinta kita ini dirasa masih begitu sulit ya gaez untuk bisa menikmati koneksi internet super cepat. Hal ini terlihat biasa memang, apabila kita melihat bahwa ketiga wilayah teratas yang memiliki cakupan jaringan 4G terbaik diwilayahnya merupakan negara-negara kecil saja. 

Hal ini jelas membuktikan bahwa jaringan internet akan sangat mudah dibangun dan dikembangkan pada wilayah yang memang memiliki luas yang sedikit dibandingkan dengan negara-negara besar.

Ranking Kecepatan Koneksi 4G Indonesia

Namun gaez, Indonesia dapat dikatakan punya perkembangan yang cukup pesat dalam hal infrastruktur 4G LTE loh. Jika pada awal tahun, 4G masih didominasi oleh operator-operator besar seperti Telkomsel dan Xl, kini Smartfren menggebrak dengan menjadi operator dengan cakupan terluas di Indonesia yang jangkauannya mencapai sekitar 78% pada tahun ini. Pencapaian tersebut jelas terlihat jauh meninggalkan operator lainnya seperti Telkomsel dengan 35%,Indosat dengan 23%, dan XL dengan 19%.

Adu Kecepatan Jaringan 4G Operator Telkomsel Vs Indosat Vs XL 

Bukan Telkomsel, Koneksi Tercepat Jaringan 4G LTE Indonesia Adalah XL
Adu Kecepatan Koneksi 4G Telkomsel Vs Indosat Vs XL Vs Smartfren

Untuk urusan kecepatan internet, XL menjadi yang tercepat dalam koneksi jaringan 4G LTE di Indonesia saat ini dengan kecepatan tertinggi hingga 12 Mbps, meninggalkan Telkomsel di kecepatan 11 Mbps, dan jauh meninggalkan Indosat di 10 Mbps, dan Smartfren di kecepatan terendah yaitu 7 Mbps.

Semua itu tentunya masih jauh tertinggal dari negara-negara lain di dunia yang bahkan telah mencapai 29 Mbps seperti di Selandia Baru bersama operator Sparknya. Namun gaez uniknya, Indonesia yang berada di urutan 56 dari 68 negara yang berada dalam OpenSignal ternyata hanya tertinggal satu posisi saja dengan Amerika Serikat yang ada di urutan 55.

Diagram Koneksi 4G Operator Di Indonesia

Ya semoga saja untuk tahun-tahun berikutnya terlihat ada perkembangan ya gaez agar negara kita setidaknya bisa menikmati koneksi internet yang cepat dan juga stabil seperti di negara-negara yang sudah lebih dulu maju. Dan juga yang paling utama yaitu layanan internet dengan harga yang lebih murah tentunya, setuju gaez? Setujuuuu....

Baca Juga : 

logoblog

Thanks for reading Bukan Telkomsel, Inilah Operator 4G Tercepat Di Indonesia Sesungguhnya?

Previous
« Prev Post

8 comments:

  1. Di tangerang kota tempat gw tinggal xl paling lemot. Coba aja kalo ga percaya.

    ReplyDelete
  2. Di bandung xl juga lemot bangeeettt :'(

    ReplyDelete
  3. di rumah justru telkomsel lemot, operator lain g ada sinyal, yg bagus cm smartfren.

    ReplyDelete
  4. TSEL, XL, TRI lebih bagus di jaringan H+ daripada 4G nya !!

    ReplyDelete
  5. Kepet apaan
    Ditempatku urutan internet tercepat
    1.smartfren
    2.telkomsel
    3.indosat
    4.xl
    5.three

    ReplyDelete
  6. It nya perlu belajar lg tuh salah posting xl tercepat,smartfren cuy yg powerfull dowloads nya klo uploads kurang dikit

    ReplyDelete
  7. pengguna smartphone harus smart bisa tau membedakan operator mana yang tepat di daerah kamu sendiri ,,harus tau mana operator yg pas utk wilayah kamu,,, kamu harus tau arti tercepat & jangkauan terluas..jangan2 wilayah km tdk tercover jaringan 4G tercepat tsb..sama saja bohong..

    ReplyDelete

Share pengalaman seru kamu terkait info dan trik internet murah ulasan kita kali ini gaez. Komentar kamu akan di moderasi, dan setiap komen yang out of topic, sorry yee gak akan di publish.