Pencarian

Pengguna Xiaomi, Huawei Dan Samsung Pada Beralih Menggunakan iPhone X, Ada Apa Yah?!

  Nocan_official      

Sinyal Menuju Keruntuhan Dominasi Dinasti Samsung 

Kegagahan dominasi Samsung di pasar telepon seluler secara global, ternyata tak sepenuhnya menggembirakan apabila menilik laporan penjualan sepanjang tahun 2017 lalu. Yapz gaez, sebuah laporan terbaru yang dikeluarkan lembaga riset terkemuka Canalys, menyebutkan Xiaomi kini menduduki posisi teratas, setelah mampu menjual 8,2 juta unit pada Q4 2017.

Smartphone Android Vs iOS | Samsung Vs Apple Perbandingan 2018
Pabrikan ponsel asal negeri ginseng tersebut tercatat menempati posisi kedua setelah mendominasi pasar di negeri Hindustan itu selama enam tahun sebelumnya yang tak pernah mampu mempertahankan konsumen di kelas low end yang banyak dikuasai kompetitornya dan telah beralih pada Xiaomi.

Dengan populasi yang sangat besar, India yang kini memiliki 300 juta pengguna smartphone, merupakan pasar smartphone terbesar kedua di dunia, di bawah China yang sebelumnya juga sempat dikuasai Samsung.

Dengan pangsa pasarnya terus mengecil, sinyal-sinyal momentum keredupan Samsung semakin tampak di negeri Tirai Bambu itu. Laporan menyebutkan bahwa pangsa gabungan keempat perusahaan ini mencapai 66% selama kuartal ketiga 2017. Namun diprediksi akan turun menjadi 57,3% di Q4 karena kehadiran iPhone X buatan Apple sebagai produk unggulan, yang menjadi satu-satunya merek asing di lima besar di China.

Mayoritas pemakai iPhone X di China adalah mantan pengguna smartphone Android seperti Huawei, Xiaomi, dan Samsung. Hal itu diketahui dari laporan terbaru perusahaan riset Kantar Worldpanel, yang begitu terkejut melihat data keberhasilan iPhone di daerah urban China, dimana iOS berhasil mengalahkan Android di perkotaan China, yang pangsanya naik 4.6 poin hingga mencapai 25% dari pasar dan menjadikan Apple sebagai smartphone terlaris paska meluncurkan tiga smartphone baru.

Bagaimana Dengan Pasar Indonesia? 

Smartphone Android Oppo Laris Manis Di Indonesia
Seperti diketahui, meroketnya smartphone berbasis Android, mengantar Samsung sukses mendominasi pasar ponsel di Indonesia, negeri dengan potensi penjualan ponsel terbesar keempat di dunia, sejak 2012 setelah lama berkejar-kejaran bersama Nokia.

Namun terbukti, sejak tiga tahun terakhir, pabrikan asal China terus memperkuat mesin ekspansi di Indonesia yang dengan cepat mengubah peta persaingan, seperti Xiaomi, Oppo, Vivo dan Lenovo sebagai 5 besar merk smartphone di pasar Indonesia, bersama Samsung, ditambah pabrikan lokal dalam negeri sendiri Advan.

Terlihat jelas sekali 3 besar pabrikan smartphone di Indonesia sudah dikuasai oleh China (37,7%). Bahkan, dua vendor yang nota bene sister company, Oppo dan Vivo jika dikerucutkan sebenarnya telah menjadi penguasa pasar, dimana perolehan keduanya mencapai sebesar 32,5%, mengungguli Samsung yang menguasai sekitar 32,2% pangsa pasar smartphone di Indonesia, disusul Oppo (16,7%), Asus (8,2%), Lenovo dan Advan (masing-masing 6%). 

Smartphone Low End Xiaomi Harga Murah Kuasai Pasar Indonesia
Sementara untuk menggerakan momentum penjualan, dan mempertahankan dominasinya dalam penjualan flash sale di pasar online, manajemen Xiaomi terus bergerak cepat mengambil alih pasar Indonesia dari kuasa Samsung berbekal keunggulan Xiaomi Di Negara India.

Varian RedMi 5A yang dibandrol murah, hanya seharga 900 Ribuan di akhir tahun 2017 lalu adalah bukti ampuhnya strategi Xiaomi di Segmen low end dengan menghadirkan smartphone berkualitas namun tetap dengan harga terjangkau.

Bahkan pada segmen ponsel Premium, tanda-tanda pudarnya dominasi Samsung juga sudah terlihat. Mayoritas konsumen di Indonesia kini cenderung memilih smartphone yang diluncurkan oleh Apple, bukan flagships Samsung seperti Galaxy S8 atau Note 8.

Kinerja perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu begitu mengesankan dalam skala global dengan iPhone X menempati 14,4% pangsa penjualan pada periode September-November. Namun uniknya, di negara asalnya sendiri AS, iPhone X masih kalah pamor dibanding iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, meskipun tetap unggul dari rival terdekatnya Samsung Galaxy S8, yang menjadi model terlaris keenam.

logoblog

Thanks for reading Pengguna Xiaomi, Huawei Dan Samsung Pada Beralih Menggunakan iPhone X, Ada Apa Yah?!

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Share pengalaman seru kamu terkait info dan trik internet murah ulasan kita kali ini gaez. Komentar kamu akan di moderasi, dan setiap komen yang out of topic, sorry yee gak akan di publish.