Pencarian

Solusi Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti Di Smartphone Android

  Nocan_official      

Gangguan saat kita sedang menjalankan sebuah aplikasi di smartphone kesayangan, memang terasa begitu menyebalkan dan dipastikan sedikit membuat panik, bahkan emosi yang terpendam, terlebih apabila aplikasi atau game yang sedang kita mainkan tersebut merupakan salah satu dari favorit kamu, seperti Clash Of Clans Atau yang lagi trend saat ini seperti Mobile Legend.

Memperbaiki Sendiri Aplikasi Dan Game Yang Berhenti Tiba-Tiba Di Smartphone Android
Mengatasi Aplikasi Berhenti Tiba-Tiba Dan Munculnya Notifikasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti
Yapz gaez, kendala yang paling umum saat menjalankan aplikasi atau memainkan game, yaitu berhentinya aplikasi secara tiba-tiba diikuti dengan munculnya notifikasi "sayangnya aplikasi telah berhenti". Kamu, pengguna smartphone android pastilah pernah mengalami kejadian tersebut bukan? Lantas mengapa hal ini bisa terjadi pada smartphone Android sekelas Asus, Oppo Advan, bahkan Xiaomi dan mungkin juga pada Smartphone Samsung?

Permasalahan ini biasanya berkaitan dengan kapasitas Rom pada memori internal sebuah smartphone yang bisa dipengaruhi karena berbagai hal seperti, usia penggunaan smartphone yang sudah terlalu lama dengan OS yang jadul.

Atau bisa juga disebabkan karena penggunaan aplikasi secara bersamaan atau multi tasking yang berlebihan yang memberatkan kinerja ponsel, seperti bermain game online disertai melakukan chatting di aplikasi massanger seperti whatsapp sembari menonton Youtube plus membalas status teman-teman di facebook, sambil membuka link situs sebuah web pada beberapa aplikasi browser.

Permasalahan lain muncul melakukan kesalahan custom rom dengan rom yang tidak stabil. Juga, notifikasi menyebalkan tersebut muncul karena smartphone gagal melakukan wipe atau factory reset. Ketika proses tersebut terjadi tidak sempurna akibatnya ada file yang crash hingga mengakibatkan aplikasi berjalan tidak normal.

Dan pembiaran akan masalah tersebut ternyata bisa berdampak sangat fatal yaitu ponsel akan mengalami bootloop atau biasa kita kenal dengan istilah mentok di logo saat menghidupkan ponsel, yang apabila hal yang begitu menyeramkan ini terjadi solusi hanya bisa diperbaiki dengan mengganti eMMC pada ponsel.

Tanda awal eMMC rusak yaitu seperti yang kita bahas ini, ponsel akan selalu memberikan notifikasi  sayangnya aplikasi telah berhenti.
Ketika kamu mencoba meresetnya file yang kamu reset tidak hilang dan masih ada. Permasalahan ini biasanya disebabkan memori internal yang kecil.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah munculnya notifikasi sayangnya aplikasi telah berhenti? ada beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi permasalahan aplikasi pada smartphone android yang berhenti secara tiba-tiba tersebut, yuk, simak baik-baik ulasannya berikut ini.

Restart/Reboot
Merestart ulang atau reboot ponsel agar kembali ke performa awal ponsel bisa menjadi upaya pertama yang bisa kamu lakukan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan rom yang mungkin sangat berlebihan, karena penggunaan aplikasi yang besar atau juga karena penggunaan aplikasi secara bersamaan dalam jumlah yang banyak.

Manager Aplikasi 

Hapus Cache Aplikasi Melalui Manager Aplikasi
Langkah berikutnya setelah melakukan restart/reboot ponsel adalah menghapus berkas sampah yang tertinggal pada memory setelah penggunaan berbagai aplikasi tersebut. Caranya, langsung saja masuk ke Setting > Manager Aplication > Force Stop > Clear Data > Clear Cache.

Instal Ulang Aplikasi
Bila aplikasi tersebut merupakan bagian dari aplikasi penting yang wajib ada di smartphone android kamu, kamu bisa juga mencoba melakukan pemasangan Ulang atau Uninstal aplikasi yang bermasalah tersebut untuk kemudian dipasang kembali.

Koneksi Internet
Untuk menjalankan aplikasi atau game yang terhubung online, wajib bagi kamu untuk memastikan koneksi internet dan kuota data kamu aman terkendali. Koneksi internet yang lemah akan memaksa system ponsel berperforma lebih tinggi, bahkan juga berpengaruh pada ketahanan batrei yang banyak terkuras.

Upgrade Os Android
Penggunaan versi terbaru Os Android yang lebih tinggi, kemungkinan juga akan meningkatkan performa ponsel pintar kamu gaez. Bila memang telah tersedia os terbaru yang memang kompetible untuk dipasangkan pada perangkat smartphone yang kamu gunakan, segeralah melakukan upgrade ke Os Android terbaru tersebut.

Itulah tadi gaez, beberapa hal yang penting untuk kamu ketahui untuk bisa mengatasi permasalahan pada ponsel yang terus memunculkan notifikasi "sayangnya aplikasi telah berhenti" dan aplikasi atau game yang keluar secara tiba-tiba ketika sedang dijalankan atau dimainkan. Semoga bermanfaat.

logoblog

Thanks for reading Solusi Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti Di Smartphone Android

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Share pengalaman seru kamu terkait info dan trik internet murah ulasan kita kali ini gaez. Komentar kamu akan di moderasi, dan setiap komen yang out of topic, sorry yee gak akan di publish.