Pencarian

Bikin Kangen, 5 Fitur Smartphone Ini Dulu Pernah Menjadi Populer

  Nocan_official      

Para produsen smartphone semakin berlomba-lomba menghadirkan fitur terbaiknya seiring perkembangan zaman dan teknologi saat ini. Seperti contohnya baru-baru ini ditampilkannya fitur sensor sidik jari, sensor wajah, dan yang lebih terbaru seperti pengisian daya nirkabelpun diperkenalkan.

Meskipun begitu, dari sekian banyak fitur-fitur pembaharuan dalam smartphone, ternyata ada juga yang masih bertahan, meskipun ada juga yang perlahan ditinggalkan walaupun itu dulunya pernah menjadi fitur populer di perangkat ponsel pintar kamu. 

Wah, apa aja sih fitur populer yang dihilangkan pada smartphone keluaran terbaru pada masa kini ? Yuk kita simak ulasan sejumlah fitur yang sempat menjadi tren, namun kini mulai ditinggalkan, bahkan tidak digunakan lagi seperti kutipan tekno liputan6 berikut ini.


5 Fitur Unggulan Smartphone Yang Pernah Populer Dan Kini Terlupakan

1. Keyboard Fisik

Dulu, semua ponsel menggunakan keyboard fisik. Ponsel seperti Nokia dan Sony Ericsson menggunakannya. Keyboard ini berkembang menjadi QWERTY seperti yang disematkan pada BlackBerry. Namun keyboard fisik tergantikan oleh layar sentuh (touchscreen).

Di awal kehadirannya, layar sentuh masih belum responsif dan nyaman digunakan. Beberapa perangkat menggabungkan layar sentuh dan keyboard fisik, seperti BlackBerry Storm.

2. Trackball/Trackpad

Karena tidak ada layar sentuh, trackball atau trackpad dibutuhkan untuk menggerakkan kursor. Sayangnya, fitur ini tidak lepas dari kritikan. Misalnya saja trackball yang tersangkut di dalam, atau desain trackpad yang tidak kokoh. Lagi-lagi fitur ini tergantikan oleh layar sentuh yang memudahkan pengguna untuk menggeser layar, mengetik, dan melakukan copy-paste. 

3. Speaker di Bagian Depan

Penempatan speaker di smartphone sempat berada di bagian depan. HTC adalah pionir konsep ini dengan merilis HTC One M7 pada 2013. Sejumlah produk pesaing seperti Nexus 6 dan Axon 7 mengikuti langkah HTC.
Sayangnya, pada 2016 tren ini menjadi surut. Bahkan HTC meninggalkan konsep awal mereka dengan menaruh speaker HTC 10 di bagian bawah.

4. Baterai yang Bisa Dilepas

Sejak lama, Apple menggunakan baterai yang tidak dapat dilepas. Kala itu, Samsung dan LG belum mau memakai baterai tanam. Akhirnya, mereka pun luluh dan mengikuti langkah Apple.

Salah satu alasan mereka beralih ke baterai tanam adalah daya tahan dari air dan debu. Baterai yang bisa dilepas relatif lebih mudah terkena air.
Fitur ini sudah tidak ditemukan di smartphone masa kini. Kalaupun ada, hanya segelintir ponsel dengan merek tertentu.

5. Headphone Jack

Hilangnya headphone jack di smartphone menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini. Smartphone ternama seperti HTC, Motorola, dan Apple sudah menghilangkan headphone jack. Meski masih banyak smartphone yang menggunakannya, tren ini mulai berkurang.

Alasan terbesarnya adalah perubahan colokan menjadi USB type C. Pixel 2 yang akan dirilis Google pada Oktober 2017, juga menghilangkan headphone jack. Cepat atau lambat, Samsung dan LG akan mengikuti tren ini.

logoblog

Thanks for reading Bikin Kangen, 5 Fitur Smartphone Ini Dulu Pernah Menjadi Populer

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Share pengalaman seru kamu terkait info dan trik internet murah ulasan kita kali ini gaez. Komentar kamu akan di moderasi, dan setiap komen yang out of topic, sorry yee gak akan di publish.