Pencarian

Fungsi Root Android Dan Berbagai Risikonya

  Nocan_official      

Cara Mudah Root Android Tanpa Menggunakan PC


Banyaknya pertanyaan seputar Proses rooting dan risikonya menjadi suatu ulasan menarik untuk dibahas. Sebenarnya apa sih itu fungsi root ?  Root atau Rooted pada sistem Android adalah pembebasan hak akses pada semua file sistem android. Proses rooting menjadi salah satu syarat untuk dapat mengakses berbagai aplikasi maupun layanan lainya yang tertanam dalam smartphone.

Risiko Smartphone Android Di Root Pakai Aplikasi KingRoot
Root Android Tanpa PC

Dengan diaktifkannya fungsi Root itu membuat pemilik smartphone tersebut berhak mengakses seluruh file system pada android,sehingga semua file system tersebut dapat diubah atau dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Ataupun juga untuk proses hacking beberapa aplikasi yang terkunci, dapat dilakukan selama aplikasi tersebut minim keamanannya. 

Lantas bagaimana keamanan ponsel bila sudah dilakukan proses rooting ? Adakah risiko yang ditimbulkan ? Root yang berarti akar adalah file inti yang menjalankan system android itu sendiri. Seperti hal nya sebuah pohon, bila salah satu akar ada yang rusak atau bermasalah maka pertumbuhan nya pun akan terganggu, begitulah kira-kira pandangannya. Pada system android, bila file akar nya ada yang bermasalah maka berpengaruh pula pada fungsinya yang juga akan terganggu.

Proses Root Android
Namun, sebenarnya ya aman-aman saja jika android kamu diRoot selama proses tersebut dalam batas wajar hanya untuk modifikasi atau hack beberapa aplikasi karena tidak ada file system atau file bawaan android yang dubah.

Hanya saja, pasti ketika dimana ada kelebihan, disitu pula ada kelemahan. Bila Smartphone android kamu masih memiliki garansi namun sudah diRoot/Rooted, maka otomatis garansi tersebut hangus jika suatu saat terjadi kerusakan system karena kerusakan system akibat dari rooting adalah kesalahan personal, bukan kesalahan dari pabrik/distributor. Maka jika masih ingin memanfaatkan garansi ponsel yang diberikan, disarankan untuk pastikan ponsel android sudah ter- unroot terlebih dahulu sebelum kamu membawanya ke Service Center.

Namun begitu ditekankan untuk pemula, tidak dianjurkan memodifikasi file system yang bersifat primary ya gaezz, kenapa ? karena hal itu akan sangat rentan mengalami kegagalan fungsi android. Bahkan lebih parahnya lagi, dapat berujung kematian pada smartphone android tersebut yang dalam istilah biasa kita sebut Bootloop bila kerusakan sedang, atau HardBrick dalam istilah kerusakan parah. Namun umumnya pada sebagian kasus yang terjadi, pengguna rooted hanya mengalami Bootloop saja.

Nah gaezz, bagi kamu yang ingin system androidnya terbebas dengan mengandalkan fungsi root,  berikut ini ada beberapa cara untuk melakukan proses root smartphone android kamu tanpa harus melalui pc atau tanpa ribet harus membayar jasa service karena kamu bisa melakukannya sendiri.

Ya telah diketahui pada awalnya memang proses rooting hanya bisa dilakukan dengan perangkat komputer. Namun saat ini itu bukanlah suatu kekhawatiran lagi, sebab selain dengan komputer kamu sekarang bisa melakukan proses rooting dengan hp android itu sendiri. Cara ini berlaku untuk semua type hp android ya gaezz, entah itu samsung, sony, lenovo, evercross dan lain sebaganya. Yuk langsung aja kita kepoin ulasan selengkapnya dibawah ini.

Untuk melakukan proses rooting android memang tidaklah terlalu sulit, karena di android sendiri sudah tersedia aplikasi-aplikasi yang mendukung dan support proses rooting sehingga saat melakukan eksekusi tidka berjalan lama. Nah buat anda yang sudah penasaran, lebih baik anda lihat informasi selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga :
Cara Paling Ampuh Melindungi Data Pribadi Di Dunia Maya

Tahap Persiapan Proses Root Android Tanpa Komputer

Pastikan dulu perangkat Anda mempunyai daya baterai sekurang-kurangnya minimal 50% guna menghindari shutdown otomatis saat proses.Kemudian Backup semua data pada Hp android anda termasuk kontak, kemudian pesan, aplikasi, dan lainya.Pastikan juga hp android Anda mempunyai akses internet saat proses rooting.

1. Cara Root Android dengan Framaroot
Pertama silahkan anda download dan juga Install aplikasi Aplikasi Framaroot ini di Android milik anda.Selanjutnya anda akan melihat dua pilihan yakni Aragorn dan juga Gandalf. Sebetulnya kedua opsi tersebut dapat melakukanroot, namun untuk hp android yang berlainan.
– Aragon cuma kompatible buat perangkat “Exynos”
– Gandalf cuma kompatible untuk perangkat Android “Qualcomm”.

Root Android Dengan Framaroot
Namun kebanyakan HP android memakai chipset qualcomm, untuk itu silahkan pilih Gandalf. Selanjutnya adalah proses rooting, tunggu hingga proses rooting selesai hingga beberapa menit. Jangan sampai tekan cancel atau batal.Bila anda memperoleh notifikasi succes dan meminta anda reboot, maka tandanya anda sudah berhasil rooting android anda.

Framaroot
Terakhir, silahkan restart hp android anda.
Selesai.

2. Cara Root Android Menggunakan Root Master
Pertama silahkan anda download dan instal aplikasi Root Master ini di android anda.Bila anda sudah berhasil menginstalnya, silahkan anda klik tombol Root di tengah lingkaran.
Root Master
Nah selanjutnya akan nampak notifikasi pilihan buat instal speed booster. 
Silahkan pilih Batal.


Berikutnya adalah proses rooting, tunggu hingga beberapa menit hingga selesai.Jika ada tanda centang atau ceklist di lingkaran, maka artinya proses rooting anda berhasil 100%.


Terakhir silahkan restart hp android anda.
Selesai.

3. Cara Root Semua Android dengan KingRoot
Pertama silahkan masuk ke Setting kemudian Security dan selanjutnya centang “Unknown Sources” agar dapat instal aplikasi pihak ketiga.Berikutnya Download dan instal aplikasi KingRoot APK, diperangkat android Anda.Setelah itu silahkan anda buka aplikasi KingRoot dan kemudian klik Root di dalam lingkaran.

Selanjutnya proses rooting dimulai dan tunggu hingga selesai.Bila anda menemukan tanda ceklist atau centang dilingkaran, maka itu artinya anda berhasil melakukan rooting.



Terakhir Restart Dan Selesai.

Tags : Cara Root Smartphone Android | Pengertian Root Dan Unroot | Root Android Tanpa Pc Komputer | Aplikasi Root Andriid Terbaik

Baca Juga :

logoblog

Thanks for reading Fungsi Root Android Dan Berbagai Risikonya

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Share pengalaman seru kamu terkait info dan trik internet murah ulasan kita kali ini gaez. Komentar kamu akan di moderasi, dan setiap komen yang out of topic, sorry yee gak akan di publish.